Kamis, 11 Desember 2014

Langkah untuk memulai bisnis online shop

Langkah untuk memulai bisnis online shop

Langkah awal untuk memulai bisnis online bagi pemula

Banyak orang yg mencari informasi tentang bagaimana cara mengawali usaha online agar berjalan dengan baik, dan keperluan merekapun berbeda-beda seperti meraih pendapatan yg lebih maupun yg mau konsentrasi kedalam metode ini dan sebagai sumber pendapatan mutlak.



Bagi kamu yg kini sedang membaca artikel ini, n sedang memulai menggali ilmu berkaitan gimana berbisnis online.Disini sya mau share pengalaman mengenai langkah utk memulai bisnis lewat internet, plus langkah-langkah yg dimanfaatkan saat mengawali business online, merupakan hal-hal inti yg mutlak buat dilakukan agar business samu sanggup bersaing dengan yg lainnya. Dan bila kamu sudah yakin tau basicnya bisa baca tips dan trik mendapatkan pundi dollar, tapi jika belum sya sarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai.

Dulu untuk mengawali business online segala sesuatunya terlihat sangat absurd bagi saya dari keraguan hingga ketidakpercayaan itu muncul di dalam pikiran saya sehingga membuat saya bertanya seperti, Mampu tidak ya business online itu dijalankan?,Pas apa tdk ya utk aku jalankan?, Langkah apa saja yg butuh sya tempuh agar mampu bersaing?, Berapa aset yg bakal saya keluarkan? dan masih banyak lagi.

Nggak ada patokan yg pasti untuk langkah apa yg sebenarnya mesti dilakukan untuk memulai bisnis online. Tapi menurut sya dengan cara singkat ada tiga aspek penting yg mampu kita persiapkan.

  • Riset product dan mempelajari ulang business Online yg ingin kamu putuskan.
Sebelum menjalani satu buah siklus usaha, kamu mesti berlatih jualan melalui internet dulu. Kira-kira apa yg ingin kamu tawarkan ke orang lain melalui fasilitas online banyak disukai orang atau tidak.

Carilah produk-produk yg segera laku serta perputarannya serentak. Artinya tidak sedikit yg membutuhkan atau ada pasarnya. Maka kita mampu ikut semangat dalam menjalani aktivitas jualan online ini.Jika product kita sedikit dan pasarnya sempit dan dagangan tdk kunjung laku, jangan gampang menyerah teruslah berusaha.

Ada 3 jenis bidang yg dijadikan sebagai usaha, yaitu berbentuk product fisik, digital ataupun jasa.Barang fisik seperti baju, celana, hp dll. Digital seperti menjual e-book, kursus, software dll. Sedangkan jasa seperti rental mobil, travel, sarvice dll.

Yg mutlak untuk kamu miliki adalah gambaran bagaimana tentang ide kamu n mendalami pola pemasaran online.

Mungkin langkah inilah yg terberat.Dikarenakan kita mesti menyusun rencana bisnis kita, mencari rencana, mencari supplier, n bahkan mesti mempelajari ilmu usaha. Setelah Itu hambatannya yaitu, kadang kita mengharapkan segala sesuatu yg sempurna. Serta hasilnya malah tdk berjalan sesuai dgn yg kita rencanakan. Jadi kamu harus berpikirlah untuk susah terlebih dahulu.Saran sya sih, buat step awal ini tdk usah terlalu berlebihan. 

Dan kamu mesti rela buat menginvestasikan waktu, tenaga, n modal, buat menuntut ilmu dibidang bisnis online ini. Selanjutnya mulailah menjual product orang lain, dgn cara dropship, reseller, ataupun kemitraan bersama pemilik usahanya.

Maka di step awal ini kamu nggak dibebani bersama budget produksi yg gede n kerugian juga pasti kecil.

  • Menciptakan sebuah situs.
Situs ini nantinya bakal kamu jadikan tempat online shop atau workshop kita di dunia maya.Dan web milik kamu ini nantinya akan dijadikan juga sebagai web rujukan untuk menyebar promosi produk, bisa melalui social fasilitas, forum, marketplace, maupun inline shop lainnya.

Dalam proses pelaksanaan situs, kamu bakal lebih terlibat dngan hal-hal yg sifatnya teknis, sama seperti menuntut ilmu menginstal penerapan situs, n bisa jadi sedikit menggali ilmu bahasa pemrograman situs.

Mungkin kamu khawatir, dan berpikir saya gaptek, nggak ngerti teknologi, saya bukan anak kuliahan, dll. Inget jangan minder, masa belum apa-apa udh ciut duluan, SEMANGAAT

Gunakanlan web CMS yg praktis dan nggak ribet, yg hanya tinggal pilih plug lalu setting, pasang kemudian pakai. Dan di tahap membuat wesite inilah kita akan mendapatkan ilmu yg tidak semua org bisa didapat, karena ilmu ini bersifat otodidak (belajar sndiri).

Utk menciptakan situs yg sesuai dgn apa yg kamu inginkan, kamu membutuhkan nama domain serta hosting. Pasti ada yg nanya Domain itu apa yak? Hosting itu juga apa yak?

Domain yakni nama situs kamu, seperti toko distro/jasa tiki yg menulis nama tokonya di plang. Begitu juga dengan web yg ingin kamu buat, contoh dari domain yaitu "www.onlineshopmutiara.com".
Jadi usahakan pas kamu memutuskan buat menciptakan nama domain, sesuaikan dgn nama usaha kamu, atau topik situs kamu, maupun kategori business kamu.

Sedangkan Hosting yakni lokasi buat menyimpan nama domain kamu serta file-file pembentuk web. Hosting itu ibaratnya tanah/lapak. Makin baik kapasitas hosting, maka bakal makin luas juga ukuran tanah kamu.

Domain n hosting adalah satu kesatuan dalam satu buah web.Untuk dapat membuatnya kamu bisa pilih metode web yg gratisan atau yg web berbayar.

Situs Berbayar
contoh : www.onlineshopmutiara.com atau www.onlineshopmutiara.co.id
Ini kita akan memakai domain serta hosting sendiri. Byasanya dengan akhiran yg bukan .com/.id/.co.id/.net/.org melainkan nama yg disediakan oleh penyedia hosting. 

Disini kita mesti mencari nama domain yg sesuai buat alamat web kamu, serta selanjutnya menyewa hosting utk digabungkan bersama domain tersebut. Cara ini paling sya rekomendasikan. Keuntungannya tidak sedikit, serta salah satunya ialah dgn mempunyai alamat domain sendiri, bisnis online kita dapat terasa lebih profesional di mata costumer n lebih diakui oleh mereka.

Utk step permulaan, Kamu kemungkinan tak memerlukan kapasitas hosting yg terlampaui gede. Dan kamu harus siapkan duit 150.000 utk sewa hosting, serta 100.000 ribu utk membeli nama domain. Biasanya setiap penyedia hosting itu berbada harganya dan tergantung dengan promo yg mereka tawarkan. Untuk nama domain dgn harga segitu biasanya cuma berlaku buat setahun, dan tahun depan kamu mesti perpanjangannya lagi. Demikian utk hosting juga sama.

Situs Gratisan
Contoh menggunakan CMS Blogspot www.onlineshopmutiara.blogspot.com menggunakan CMS Wordpress www.onlineshopmutiara.wordpress.com menggunakan Tumblr www.onlineshopmutiara.tmblr.com.

Bagi yg memang baru saja memulai dan ingin mencobanya terlebih dahulu tanpa harus membayar, kamu bisa memanfaatkan domain serta hosting gratis dengan nama domain yg berakhiran bukan .com/.id/.co.id/.net/.org. Kamu tetap dapat menciptakan situs dengan cara free.

Ada banyak penyedia hosting/blog gratisan yg telah lumayan ternama, diantaranya ada WordPress, Blogspot, Typepad, Posterous, Tumblr, dll.

Tapi jikalau sya boleh menyarankan, pakailah WordPress atau Blogspot. Sebab ke-2 penyedia blog tersebut telah dikenal oleh para pengguna internet didunia, serta pula lebih gampang dikenal oleh mesin pencari sama seperti Google, Yahoo, n Bing.

Walaupun memanfaatkan web gratisan kadang dianggap kurang profesional, namun trick ini sangat cocok buat step awal. Nantinya saat business kamu udah mulai membaik, serta mulai ada pemasukan, kamu dapat pertimbangkan utk upgrade memakai domain n hosting berbayar.

Situs sederhana memakai WordPress

Mungkin sekian banyak dari kamu masih merasa tetap kesusahan bikin web, maupun belum mempelajari menciptakan situs sendiri dan kamu tetap terus mau menciptakan web usaha yg profesional serta dgn nama domain sendiri, solusinya ialah kamu harus menghubungi penyedia jasa pengerjaan web di internet. Atau bisa minta tolong dibuatkan rekan kamu yg biasa bikin website.

Jika situs kamu sudah ada kamu dapat mengisinya bersama keterangan product / jasa yg kamu tawarkan. Isikan konten web kamu dengan cara yg meyakinkan. Jangan asal copy paste, tetapi usahakan pakai kata-kata yg benar-benar patut utk kamu pasang di web sehingga menarik pengunjung. Karena hal ini dapat jadi alat promosi di online kamu.

Setelah itu utk materi konten web-nya, sya sarankan yg sederhana saja, seperti Profil bisnis, Galeri image product / jasa beserta keterangannya, Alamat bisnis komplit secara menghubungi kamu dan cara pemesanannya.


  • Promosi usaha online kamu
Apabila web besarta kontennya udah ada,dan sekarang kamu perlu memperoleh kunjungan / trafik ke situs kita.

Untuk memperkenalkan situs, kamu dpt memakai social media kaya Fb, Twitter, Instagram, Pinterest, serta website social lain yg kamu paham. Setahu sy, ini merupakan trik paling cepat buat menyebarluaskan berita business kamu. Lebih-lebih jikalau kamu memiliki jumlah sahabat/follower banyak, itu dapat amat meringankan dalam mempromosikan situs kamu.

Selanjutnya, kamu mulai mememajang product ataupun jasa kamu di situs-situs forum sama seperti Kaskus, OLX.CO.ID, Tokopedia, dll.

Tidak cuma itu, buat tingkatkan promosi yg lebih baik lagi lewat mesin pencari Google, Yahoo, Bing yaitu menggunakan teknik SEO. Ini memang lah lebih teknis, lantaran kita mesti mendalami trick optimasi web biar dapat menduduki halaman paling atas dalam satu page di mesin pencari, dgn kata kunci yg ingin kamu incar. Dengan mendalami pola SEO ini, business serta pemasaran online kamu bakal lebih tajam lagi.

Jadi web kamu yg sudah dilakukan promosi dengan cara yg telah kita bahas seperti keterangan product / dari website social media, forum, marketplace, ataupun Google n mesin pencari yang lain, pastinya mereka penasaran untuk tau siapa sih yg jualan product / jasa tersebut. Serta kepada hasilnya mereka dapat mengunjungi web kamu utk mencari tau siapa kamu serta apa saja product kamu.

Jadi jangan sampai kamu kehilangan prospek untuk situs kamu sebab kita miliki sebuah toko online yg harus mendapat kepercayanya dari calon kastemer dengan kedatangan toko online kita, sehingga dapat memberikan respon yg meyakinkan dari mereka.

Kemudian, bangun interaksi dgn para pengunjung, beri berita yg mereka perlukan. Disaat mereka hanya melihat product kamu, mereka meraih berita yg dibutuhkan, sehingga kepercayaan mereka bakal tumbuh, dan saat mereka membaca keterangan mungkin saja mereka berubah pikiran lalu membeli product kepada kamu. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapat nilai lebih dimata mesin pencari tentunya akan mendapatkan tempat tersendiri di halaman pencarian.

Target yg terpenting adalah terjadinya kontak dengan dgn calon kastemer dengan memasang follow up by email, by phone, atau kunjungan langsung dengan chat.

Dari beberapa langkah mengawali usaha online dapat disimpulkan seperti ini :

Content, konten yg disediakan informatif sehingga target pembeli dapat dgn mudah paham
Traffic, datangkan trafik lewat search engine, social media, promosikan
Pre-selling, bangun pertalian bersama para audience, pengunjung
Monetize, tawarkan solusi yg dibutuhkan oleh calon pembeli

Ada beberapa rekomendasi web milik para mentor atau praktisi yg telah berpengalaman serta insya Allah bagus buat Kamu mulai sejak mencari ilmu usaha online :

Ingat, hal penentu kesuksesan satu buah usaha, 95% ditentukan oleh mutu pribadi manusia sedangakan sisanya yakni tekniknya. Mungkin kamu memiliki keahlian menciptakan sebuah website yg trendi, dgn beragam feature n penampilan yg keren. Tapi apabila kamu nggak memiliki pengetahuan tentang apa yg ingin kamu bangun dan enggak memiliki semangat buat mencari ilmunya, ya sama saja dengan menggali kuburan kamu sendiri.

Berikan pelayanan yg lebih untuk calon kastemer kamu.
Pelajari dulu apa yg ingin kamu ciptakan/bangun dan hal apa saja harus diperhatikan dlm satu buah usaha.

Hmmm..bila dirasa artikel ini berguna, kkamu boleh membagikan ke artikel ini ke sahabat, saudara, bahkan pasangan kamu, atau orang yg sedang membutuhkan pengetahuan dasar untuk membangun sebuah situs.

Ayooo action dan buat perubahan, karena kalo nggak sekarang-kapan lagi ya nggak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks