Kamis, 11 Desember 2014

Tips merawat sepeda balap agar awet

Bersepeda sekarang ini tidak hanya digemari oleh anak-anak aja, tapi udah hampir ke semua umur, termasuk anak muda sekarang pria atopun wanita. Ada beberapa jenis sepeda seperti sepeda BMX, Fixie, Sepeda gunung, sepeda balap dll, dengan merek yg berbeda pula seperti Federal, MTB, WIMCYCLE, UNITED BIKE, SENATOR, POLYGON, SCOTT, GIANT dll. Bahkan diluar negri sana, ada yg masih mampu untuk menempuh jarak puluhan kilometer, padahal umurnya udah 70thnan.

Bagi Bikers yg selalu mengutamakan kesehatan tentunya nggak mao dong sepeda kesayangan kamu terlihat karatan dan dekil. Sama seperti sya yg ingin tampil sehat begitupun dengan tampilan sepeda yg sehat juga. Dan saya akan membagikan tips bagaimana cara merawat sepeda agar lebih awet, juga bagaimana cara merawat helm, cara pengecekan sepeda, hingga cara mencucinya sehingga sepeda kamu tahan lama. Maklum harga sepeda sekarang memang sedang naik tajam.


  • Air Sabun

Pertama-tama pakai air sabun atau detergen dianjurkan lebih bagus sih pake shampo husus biasa buat motor utk menghilangkan n melarutkan lumpur atau tanah kumuh dari seluruhnya body speda serta ban, memanfaatkan kain, sikat n kuas. Hindari penyemprotan air ke seluruhnya body sepeda. Lantaran dikhawatirkan air bakal turut masuk ke laker n gear, di mana nantinya justru dapat menciptakan karatan di dalamnya.

  • Pakai Minyak Tanah

Kusus utk membersihkan gear, fork – buat kategori single/double crown – laker ban, rantai (chain) atau persendian yg lain, pakai Minyak Tanah utk melarutkan kotoran bersama pertolongan kuas. Husus buat rantai, bersihkan dengan cara kusus segmen per segmen rantainya dari pasir buat memperlancar gesekan antar segmen.

  • PengOlian
cara merawat sepeda agar selalu awet
Perawatan sepeda

Sesudah semua sepeda bersih dari kotoran/lumpur n tanah, semprotkan oli ke bagian-bagian persendian tersebut, berikan pada bagian chain, gear, suspension fork , dan seterusnya. Pemberian oli pun akan dipergunakan buat menghilangkan jamur aluminium yg lebih sering muncul kepada sektor breaker-handle.

Dan inilah tips untuk pengoliannya

Part rantai pelumasan chain lube metode sikat dan semprot setiap 2 - 4 Pekan sekali
Roda deraileur pelumas lubricant metode sikat dan semprot setiap 4 Pekan sekali
Derailleur pelumas lubricant metode semprotkan setiap 1 - 2 bln
Kaliper rem pelumas lubricant metode semprotkan setiap 1- 2 bln
Tuas rem pelumas lubricant metode semprotkan setiap 1-2 bln
Shifter pelumas lubricant metode semprokant setiap 2-4 bln
HUB pelumas grease metode oleskan setiap 2-4 bln
B.Bracket pelumas grease metode oleskan setiap 4-6 bln
Pedal pelumas grease metode oleskan setiap 3-6 bln
Freewheel pelumas grease metode oleskan setiap 3-6 bln
Kabel rem pelumas oli metode oleskan frekuensi 2-4 bln
Kabel deraileur pelumas oli metode oleskan setiap 2-4 bln
Headset pelumas grease metode oleskan setiap 2-6 blm

  • Pemeliharaan Serta Perawatan dengan Pengecekan

Pengecekan setiap hari dengan perawatan sepeda kamu terasa halus digowes, komponen sepeda jadi awet, sepeda lebih aman dikendarai dan mengurangi budget perbaikan "jajan deh kebengkel".

Pakai pelapis body/cat – sebagaimana pelapis body mobil – utk memperkilau cat sekaligus menjaga warnanya agar tdk lekas pudar.

Pakai semir ban, buat lebih mempercantik tampilan sepeda kamu. Dikarenakan ban adalah salah satu komponen dominan dari sepeda kamu. Sekarang ini sepeda kamu tampak sama seperti baru kembali.

Serta supaya sepeda awet, rawat lah sepeda kamu dan samakan sebagaimana motor atau mobil, sepeda pun mesti dilakukan pengecekan n servis teratur kebengkel supaya performa sepeda senantiasa optimal. Serta kamu mesti pintar-pintar memilih bengkel yg mempunyai tenaga mekanik terlatih n berpengalaman didukung dgn peralatan yg mampu memberikan mutu sepeda sehingga senantiasa dalam kondisi prima.

Agar sepeda kesayangan kamu senantiasa dalam performa maksimum, digunakan perawatan yg maksimal juga dong. Paling tdk, kamu harus senantiasa membersihkan/mencucinya sesusai pemakaian. Mencuci sepeda ditujukan buat menciptakan sepeda bersih dari kotoran yg mengganggu kinerja serta performa optimal sepeda.
Buat menjaga performa optimal ini, dalam membersihkan/mencuci sepeda kita mesti memperhatikan rincian tiap sektor pada bagian sepeda.

Adapun langkah-langkahnya yg biasa saya terakan, yaitu :

Lepas seluruhnya accessories yg berada di stang, bel, lampu, spidometer dll. Kalau kamu memanfaatkan v brakes lepas kabel penghubungnya bersama menekan ke-2 segi calipers. Teknik melepas kabel v brakes ini berlaku pula kalau kamu memakai v brakes di roda belakang.

Balik sepeda kamu dalam kondisi tmpat duduk di bawah, roda diatas, utk menghidari lecet terhadap gunakan alas utk jok agar ga lecet bisa pake karpet atau matras. Trick membalik sepeda bersama benar yaitu kamu berdiri di samping sepeda pegang bidang suspensi depan (down tube) & satu tangan kamu yg lain memegang seat pos (dudukan sadel). Selanjutnya putar dengan cara perlahan sampai sepeda terbalik.

Melepas roda depan serta belakang, buka pengencang as roda depan dgn membukan klip pengunci seandainya ada, apabila sepeda kamu enggak memanfaatkan klip, kamu mesti memanfaatkan kunci sesuai serasi dgn ukuran baut yg di pakai juga sebagai pengunci as roda depan.
Utk melepas Roda belakang, lepas pengencang as roda belakang, tarik kebelakang system pemindah gigi (RD) rear derailleur secukupnya maka roda belakang dapat di tarik keatas serta terlepas.
Membersikan system penggerak (rantai, gir, pedal, rear derailleur). Siapkan sikat serta air bersabun. Mulailah menyikat RD bersama sikat yg udah di basahi air sabun, buat membersikan rantai pakai lap kain yg lembut, basahi lap tersebut bersama air sabun putar rantai bersama memutar pedal kamu kedepan maka rantai berputar. Tempelkan lap terhadap rantai sepeda kamu maka kotoran yg ada menempel kepada lap tadi.
Teruskan dgn membersikan Crank (gir depan, lengan pedal serta pedal) bersama sikat yg telah di basahi dgn air sabun, sikat dengan cara merata & cek maka seluruh bidang penggerak depan terkena air sabun & kotoran terlepas, setelah itu lap bersama lap bersih.
Bersihkan pedal & sektor sudut dalam gir bersama sikat dibasahi air sabun, teruskan dgn mengeringkan dgn lap bersih.
Membersihkan bidang bawah frame, pakai lap kain & air sabun. Lap dengan cara merata ke seluruhnya bidang frame, handle bar (stang depan), bidang unggul tube (frame atas), & seatways (frame belakang). Jangan Sampai lupa membersihkan kabel pemindah gigi & penarik rem.
Membersikan System Roda. Pakai lap kain & air sabun roda depan & belakang, kamu akan memakai cairan pembersih kotoran seandainya ada kotoran yg sulit di buang, misal memanfaatkan WD-40. Bersihkan kotoran kepada as roda, hub & total roda termasuk juga jari-jari roda.
Seandainya kamu memakai cakram kepada roda kamu pass sikat bersama cek di seluruhnya sektor cakram.
Periksa System Roda. Pasang kembali roda depan serta belakang, pastikan klip pengenceng roda terpasang denga baik serta bakal mengunci roda dgn sempurna. Kemungkinan kita sedikit menemui kesusahan utk memasang kembali roda belakang, tipsnya masukan gir belakang di antara mata rantai serta tekan kebawah maka bakal masuk ke dudukan roda belakang dgn sempurna, jalankan dgn hati-hati.
Sesudah seluruh roda terpasang teliti putaran roda baik depan & belakang amati bersama seksama apakah goyang atau enggak, bila goyang mungkin agung jari-jari roda butuh di stel ulang. Kamu bakal memperbaikinya sendiri dgn memakai kunci jari2 roda atau membawanya ke bengkel sepeda.
Teliti System pengereman. Adalah salah satu sektor fital dari sepeda ada rem, seandainya enggak mampu berfungsi dgn baik keselamatan kita jadi taruhannya. Buat periksa rem roda depan berdirilah di depan sepeda kamu serta tekan rem roda depan, selanjutnya tarik sepeda kedepan kalau frame & roda belakang terangkat berarti rem roda depan masihlah berfungsi bersama baik, jikalau nggak langsung tukar kampas rem depan bersama yg masihlah bagus.
Buat rem roda belakang, berdirilah di depan sepeda kamu & tekan rem belakang, seandainya roda depan terangkat diantara sela kaki kamu mungkin rem belakang masihlah berfungsi bersama baik, bila nggak serentak teliti & mengganti kampas rem bersama yg baru.
Ke-2 pedoman buat pengecekan system pengereman tersebut bakal di terapkan baik rem dgn V brake atau dgn Diskon brake. Teliti seluruh setelan kabel atau minyak rem (dish brake bersama oil).

Apabila Sobat tak tidak sedikit disaat utk jalankan semua langkah di atas, enggak salahnya kalau Sobat memakai jasa cuci steam, namun ingat, masihlah tonton detil tiap langkah diatas sebisa bisa jadi dilakukan/terpenuhi. Rata Rata, jasa cuci steam benar-benar cuma memberikan servis cuci saja, bila begitu adanya, sehingga langkah-langkah yg enggak dilalui, misal pengecekan sistm roda, pengecekan system pengereman serta pelumasan mampu Sobat melaksanakan sendiri di rumah.

  • Selanjutnya merawat helm biar aman n nyaman dalam faktor bersepeda

Terkecuali memilih helm sepeda yg aman untuk keselamatan kepala kita, Helm Sepeda Gunung atau helm sepeda yang lain pula butuh di rawat atau di bersihkan dari sektor luarnya maupun bidang dalem nya. Penggunaan Helm Sepeda Mtb ini memang lah bukan hanya utk style utk bersepeda saja, lantaran fungsinya amat sangat utama dalam melindungi kepala dari cedera, melindungi kepala dari terik matahari yang berlebihan, serta melindungi supaya kepala tdk terlampaui tidak sedikit terkena debu di waktu kepala mengeluarkan tidak sedikit keringat .

Sehingga dari itu tidak hanya kita butuh merwat sepeda secara Merawat Rantai Sepeda Gunung supaya masih awet serta prima kita butuh pula buat merawat atau membersihkan helm sepeda kita.

Helm mesti tepat waktu dikenakan
Disaat membeli helm sebaiknya helm dicoba lalu, n disesuaikan ukurannya, lantas dikaitkan dgn baik. pastikan helm terasa nyaman serta cocok kala dimanfaatkan. Utk mencobanya mampu bersama menggelengkan kepala ke kiri n ke kanan, jika posisinya beralih, berarti helm itu terlampaui longgar.

Kencangkan ikat helm kepada sektor belakang kepala.
Helm yg sempit dapat terasa sakit sesudah sekian banyak menit dimanfaatkan.

Lihat spon atau busa pengganjal.
Lantaran sering diperlukan n memperoleh tekanan, dalam jangka waktu tertentu spon bakal jadi kempis yg menyebabkan helm jadi longgar.

Lihat musim kadaluarsa helm.
Senantiasa saksikan kondisi helm, sebab helm pun ada periode kadaluarsanya

Membersihkan helm.
Bersihkan helm dalam keadaan kering, jangan sampai disiram air. seterusnya dilap dgn lap basah, lantas dikeringkan bersama kain lembut.

Helm mesti kering.
Helm yg telah terlanjur basah jangan sampai dijemur serta-merta di bawah sinar matahari serentak, pass di jemur di dalam area.

Dan terakhir usahakan hindari pemakaian zat kimia yg bakal merusak stereofoam
Dikarenakan bidang dalam helm terbuat dari stereofoam, sehingga jauhi zat kimia yg kemungkinan sanggup merusak sektor dalam helm tersebut, misalkan bensin atau solar.


Itulah cara bagaimana merawat sepeda kamu agar awet dan selalu tampil prima.

Salam Olahraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks