Selasa, 09 Desember 2014

Penjelasan tentang meta tag name,content,description,dll


fungsi dan kegunaan meta tag terhadap situs

Penjelasan tentang meta tag


Waktu sya mencoba belajar membuat sebuah situs, teman sya yg udah lumayan jago dibidang seperti ini ingin melihat cara kerja sya n kemudian dy menyarankan dan memberi sedikit penjelasan untuk menggunakan meta tag. Seketika saya langsung membayangkan Apa si meta tag itu? Dimana meta tag ditulis? Ada berapa macam jenis meta tag? Apa fungsinya? dan Apa manfaatnya?


Kemudian sya cari di google dan akhirnya sya dapat informasi yg misterius dari teman sya itu, ternyata Meta tag itu merupakan sebuah kode atau serangkaian kode HTML yg di pasang di dalam template sebuah blog yg bertujuan utk mempermudah robot google dalam menganalisa semua konten dari blog. Maka mesin pencari dapat dengn dalam mengindeks / Crawling blog kita.

Dan meta tag itu diletakkan diantara kode serta kepada template blog. Byasanya diletakan pas di bawah template. Terdapat sekian banyak meta tag yg teramat penting yg selayaknya dipasang ditemplate blog, ada beberapa jenis meta tag :


  • Meta Tag Title

Meta tag yg menyebutkan identitas atau judul dari sebuah blog. Seperti yg terdapat di blog sya ini, yaitu "belajar seo"

<title><data:blog.pageTitle/></title> 

Kamu bakal memodifikasi kode meta tag title biar judul postingan lebih dahulu terindeks oleh search engine dari kepada judul blog ini adalah salah satu trik seo.
Penulisannya beralih menjadi :

<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.pageTitle/></title>


  • Meta Tag Deskripsi

Meta tag ini berfungsi buat mendeskripsikan semua konten (mengisi) artikel satu buah blog. Meta tag ini meringankan website spider atau situs robot search engine dalam mendeskripsikan blog Kamu.

<meta content='Cara merawat burung kenari' name='description'/>


  • Meta Tag Keywords

Meta tag yg berisi keywords (kata kunci) dari konten blog Kamu. Kata kunci mesti serasi bersama materi dari artikel Kamu. Sebab dgn kata kunci yg benar, bakal lebih enteng menjaring pembaca ke blog Kamu berdasarkan kata kunci tertentu.

<meta content=’keyword1,keyword2,keyword3, dan seterusnya‘ name=’keywords’/>

Penulisan kata kunci mesti dipisahkan bersama tanda koma.


  • Meta Tag Verifikasi

Meta tag yg dipasang kepada template blog sesudah Kamu mendaftarkan blog ke search engine Google, Bing, Msn, Yahoo, Alexa & search engine yg yang lain. Sesudah proses verifikasi blog selesai, rata-rata Kamu diharuskan memasang kode meta tag verifikasi tersebut kepada template blog Kamu.

Google
<meta content='TtuX5x792RG5l1Vt52Lue2VbFGm545NIlQQw1CGI23c' name='google-site-verification'/>
Yahoo
<meta content='af350aa3e238f9c3' name='y_key'/>
Bing
<meta content='EF3208999BFC2D6DD07C9896BF493B3B' name='msvalidate.01'/> 
Alexa
<meta content='wIOcDXyX7nhrfNmLaljhzeaDYlc'name='alexaVerifyID'/>

Kode - kode meta tag verifikasi tersebut jangan sampai sempat kamu hapus, sebab sebagai bukti bahwa kamu sudah mem-verifiksi blog kamu kepada masing-masing mesin pencari itu.

Semua meta tag yg udah kamu pasang tersebut mempunyai peranan yg amat baik bagi blog kamu. Adapun fungsinya ialah dapat menopang robot google dalam mengindeks konten blog, menciptakan blog lebih langsung terindeks terhadap search engine dapat membantu penulis agar artikel lebih cepat terindeks search engine berdasarkan kata kunci dan robot search engine lebih enteng mengindeks konten blog.

Jika kamu terapkan situs kamu dengan cara yg benar maka situs kamu akan lebih cepat tampil dihalaman google dan kamu dapat menilai posisi situs kamu dan melihat perkembangan traffic dari pengunjung ke situs kamu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks